Senin, 28 Mei 2012

Roh Kudus dalam HKBP


hay hay
ga terasa yah sudah hari ke-50 terhitung dari hari kebangkitan Tuhan Yesus atau yang akrab disebut Paskah, nah hari ke 50 ini disebut hari PENTAKOSTA atau hari dimana Holy Spirit diturunkan kepada umat manusia yang tentunya sudah menerima Yesus sebagai their savior. ngomong ngomong tentang Roh Kudus ada yang menarik loh dari sini, menariknya yaitu APAKAH ADA ROH KUDUS DALAM GEREJA HKBP?? kenapa mesti HKBP? gue ngambil HKBP karena gue tadi dengerin khotbah pendeta tentang ini dan bikin penasaran juga wong gue merupakan anggota jemaat gereja yang termasuk dalam gereja konvensional ini. yaa banyak orang bertanya tanya apakah ada Roh Kudus dalam HKBP? secara orang orangnya ga pernah ngomong pake bahasa aneh tuh kaya gereja gereja karismatik dan nyanyinnya juga flat ga tepok tepok ga raise hand dan berkata "Haleluya" “balalala” intinya tertib.
nahhh, ternyata ciri ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus itu ga sekedar pandai berbahasa Roh loh! dengan mengetahui mana hal yang baik dan mana yang jahat itu namanya sudah dipenuhi Roh Kudus pokoknya semua kegiatan yang diperuntukkan untuk kemuliaan Allah semata itu merupakan perilaku seseorang yang full of Holy spirit! Roh Kudus telah diturunkan kepada setiap orang yang percaya kepadaNya, sekarang tinggal action kita dalam menggunakan Roh itu maudipadamkan atau terus dijaga keeksistensiannya, Roma 8:9 dan Efesus 1:13-14 menjelaskan bahwa Dia berdiam dalam diri setiap orang percaya, namun Dia dapat didukakan (efesus 4:30) dan kegiatanNya dalam diri kita dipadamkan (1 Tesalonika 5:19).
jadi, apakah ada Roh Kudus dalam HKBP? Absolutly ADA saya mengambil kesimpulan bahwa yuk kita saling melengkapi sebagai anggota Tubuh Kristus jangan ada lagi prasangka atau steriotip mengenai aliran-aliran gereja, marilah kita saling menguatkan sebagai anggota jemaat Allah karena Allah ga milih milih ko kepada siapa saja Roh Kudus itu dikasih. Yang menghalangi kita dari dipenuhi oleh Roh Kudus adalah dosa, dan ketaatan kepada Tuhan adalah cara untuk mempertahankan kepenuhan Roh Kudus. Sekalipun pusat perhatian kita adalah dipenuhi oleh Roh sebagaimana diperintahkan dalam Efesus 5:18, berdoa untuk dipenuhi oleh Roh tidak bukan merupakan cara untuk mendapatkan kepenuhan itu. Hanya ketaatan kepada perintah-perintah Tuhan yang mengizinkan Roh Kudus bekerja dengan bebas dalam diri kita. Karena kita adalah makhluk yang berdosa, tidak mungkin kita senantiasa dipenuhi oleh Roh Kudus. Kita perlu segera membereskan dosa dalam hidup kita dan memperbaharui komimen kita untuk dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar