Jumat, 04 Januari 2013

Transportasi Jakarta ↔ Bandung


Long time no posting guys, nah di jumat pertama di tahun 2013 ini gue mau mosting transportasi yang pernah gue pakai untuk bermobilitas antara Jakarta - Bandung ataupun sebaliknya maklum anak perantauan Bandung. Gue bersyukur banget bisa kuliah di Luar kota karena dengan hal ini gue diharuskan buat merasakan perjalanan luar kota minimal tiap bulannya. Tol yang dilalui Bandung-Jakarta ataupun sebaliknya diantaranya Tol Cikampek, Tol Cipularang, dan Tol Purbaleunyi.
1.      Bus
            Transportasi ini merupakan transportasi favorit gue kalo gue pulang ke Jakarta, kenapa? karena terminal yang di tuju deket sama rumah gue yaitu Terminal Kampung Rambutan, dari terminal ini gue tinggal nge-angkot satu kali buat nyampe rumah. Nah untuk mendapatkan Bus Bandung-Jakarta ini gue mesti datang ke terminal Leuwi Panjang, biasanya gue naik damri dari Terminal ledeng yang deket kampus gue. Damri ini transportasi rakyat banget deh jauh-dekat Cuma bayar Rp. 2.000. yang AC Rp 3.000 padahal rute terminal Ledeng ke Terminal Leuwi Panjang itu cukup jauh lho, namun keadaan Busnya emang kurang bagus sih dia kaya udah tua gitu tapi tetep aja tuh banyak penduduk Bandung yang berbondong bonding nain Bus Damri ini.
            Untuk harga tiket bus bandung – Jakarta ada bermacam macam guys. gue pernah dapet bus yang harga Rp 35.000, Rp 42.000, Rp 45.000, Rp 47.000. harganya sih sekitar segitu tapi gue sering dapet bus yang harga Rp 35.000 kalo gue pulang sore (jam 17.00-keatas) dari Bandung dan harga Rp 45.000 kalo gue berangkat pagi-siang dari bandung. jadi kalo bus yang harga Rp 45.000 ini dia ga lewat Padalarang lagi untuk nyari penumpang, kalau yang harga Rp 35.000 dan biasanya sore ini ngelewatin Padalarang dulu buat nyari tambahan penumpang. Nah kalau naik bus siapkan receh yaa buat dibagiin sama pengemis ataupun pengamen yang datang dan siap-siap juga sama kedatangan emang-emang yang dagang cangcimen (kacang, kuaci,permen) ataupun emang-emang yang dagang produk.

2.      Travel Baraya
Kalau yang ini sering gue pake kalu gue balik ke Bandung alias perjalanan Jakarta-Bandung karena travel ini ontime dan biasanya gue selalu ada yang nganterin ke pool travel ini meskipun jarak dari rumah ke pool ini cukup jauh. pool yang sering gue datengin ini ada di daerah jatiwaringin. Harga travel ini juga gue rasa paling murah dari travel-travel yang lain yang sekarang sudah merajalela keberadaannya, harganya cukup Rp 58.000 dulu sih pernah harganya hanya Rp 50.000 tapi udah naik karena tarif tol yang juga naik. untuk nooking tiket kalian bisa by phone guys Call center untuk Jakarta 0217244999; Bandung 0227531415. tinggal sebutkan untuk keberangkatan hari apa, jam berapa dan tujuannya ke Bandung mana, biasanya sih gue ke Bandung Surapati :D

3.      Kereta Api
Naik kereta api dari bandung- Jakarta adalah my first experience, karena sebelumnya gue belumpernah naik kereta api (sedih ya). nah untuk sampai ke stasiun KA Bandung gue naik angkot st.Hall-Lembang yang warna angkotnya cream gitu ongkosnya Rp 2.500, harta tiketnya sama aja ko kaya bus Rp 45.000 dengan gerbong yang semua penumpangnya duduk, kalau untuk waktu tempuh pakai kereta cukup lama guys tapi I’m so glad because I have a train trip, oiya gue waktu itu turun di stasiun gambir .


it’s my experience trip, how about you guys?? share disini J

6 komentar:

  1. klo gw belum pernah tuh naik travel,,, tp untuk kereta gw udah banyak pengalaman yg gw dapet..

    BalasHapus
  2. naik kreta darimana kemana tuh wa? :D

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. pengalaman gw klo untuk kelas ekonomi gw ke semarang ,,
    untuk kelas bisnis dan eksekutif gw ke kampung gw zza purwokerto,,
    ada Commuter line ke jakarta kota gw. Tp yg paling asik yaitu kelas eksekutif
    hehehe

    BalasHapus
  5. oh ongkos damri tuh 2000, thanks for the info mau naek soalnya, seumur-umur blm naek damri.btw satu kampus :D

    BalasHapus
  6. Anonim: iya ini damri yang di Bandung yah bukan yang di Jakarta :D

    BalasHapus