Selasa, 15 Januari 2013

home industry Cianjur


    Guys, kali ini gue akan membagikan hasil praktikum gue disemester tiga, tepatnya di Cianjur. i hope this posting is useful for you guys :)
     1. Home industry taucho
      Selain manisan, kota Cianjur juga mendapat julukan kota Tauco dan salah satu tempat pembuatan taucho yang kami kunjungi adalah produksi taucho yang bermerek “Cap meong” yang beralamat di Jln. HOS Cokroaminoto No. 16 Cianjur. Produsen tauco pertama  di Cianjur adalah seorang warga keturunan Cina bernama Tan Ken Yan, yang mencetuskan ide pertama kali membuat tauco di Cianjur dengan merek dagang "Cap Meong" yang berdiri sejak tahun 1880 dan kini diwariskan kepada Ny.Tasma. Bahan utama Tauco adalah kedelai kuning, gula merah, tepung dan bumbu lainnya. Tauco merupakan produk yang diadaptasi dari negeri Cina, setelah biji kedelai kuning direbus, lalu ditambahkan garam dan mikroba alami, kemudian hasilnya tauco akan berwarna cokelat kemerahan.Rasanya gurih asin dan sering ditambahkan ke dalam aneka tumisan dan masakan lainnya.
           Kapasitas produksi produsen tauco ini pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu botol per tahunnya. Dalam proses pemasaran pabrik tauco cap Meong tidak memasang papan nama yang menunjukkan bahwa di sana dijual atau diproduksi tauco. Namun, kebanyakan konsumen yang ingin membeli tauco sudah mengetahui lokasi ini. Jika ada calon pembeli yang bertanya kepada warga Cianjur, warga akan menunjukkan tempat itu. Dalam produksinya salah satu pekerja mengungkapkan bahwa jumlah penjualan mereka menurun semenjak adanya tol cipularang, yang membuat lalu lintas Bandung-Jakarta ataupun Bandung-Bogor tidak melewati Cianjur lagi dan otomatis mengurangi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Cianjur. Sebagian besar pengrajin tauco di Kecamatan Cianjur membuka usahanya dengan modal sendiri, hanya sedikit saja yang mendapatkan modal bantuan dari bank mereka lebih memilih meminjam modal kepada kerabat atau saudara. Industri taucho ini masih sangat menjaga kualitas dan keaslian rasa dan mutu secara turun-temurun inilah yang membuat masyarakat mencintai produk mereka dan membuat industry ini masih bertahan sampai sekarang. Prospek bisnis ini sangat menjanjikan karena semakin hari industry yang tradisional seperti ini sudah jarang ditemui.
gambarannya kaya gini guys.

2.  Industri kerajinan rakyat “Lentera Gentur”
         Tempat kedua yang kami kunjungi adalah industry kerajinan yang memproduksi lampion-lampion indah sejak tahun 1965. Enang saepudin sebagai pemilik gallery lampu gentur adalah generasi ke tiga dari bapak mus" in sebagai pencipta keberadaan lampu gentur ini sejak tahun 1965 lalu dan diwariskan oleh anaknya sejak tahun 1994 usaha mandiri pisah dari orang tua, hingga sekarang diwariskan kepada anak perempuan pak Enang sebagai generasi keempat.
      Tempat yang berlokasi di Kampung Gentur Rt 03/ Rw 06 Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat ini memiliki tempat show room atau pemajangan hasil karya hanya ditempat yang tak seberapa yang bergabung dengan tempat tinggal keluarga Alm Pak Enang. Menurut cerita yang saya terima dari perbincangan si pemilik bahwa dahulu sewaktu Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung, beliau pernah berjanji akan memberikan lahan kurang lebih 1000 M2 untuk memperluas lahan show roomnya namun sampai sekarang janji itu belum terlihat implementasinya.
        Dalam memproduksi lampion, bahan-bahan yang dibutuhkan tergolong sedikit yaitu hanya bermodalkan kaca, kuningan dan cat. Proses pengerjaannya dilakukan secara sederhana. Potongan kaca dicat dengan cara disemprot. Setelah itu diberi rangka alumunium dan dipatri.
       Dengan penjualan mencapai 500 unit per bulan.Pada pemasarannya produk lentera ini bisa dijumpai juga dibeberapa kota wisata seperti puncak bogor, jepara, bali, Jakarta. Berdasarkan hasil wawancara produk ini sudah diekspor ke Eropa dan Timur Tengah. untuk pekerja sendiri terdapat Terdapat 21 kelompok perajin Lentera Gentur yang terdiri dari 80 pekerja. selain menjaga kualitas lentera yang baik dan unik industry rakyat lentera gentut juga selalu menjaga kekonsistenan dalam memenuhi pesanan pelanngannya sehingga pelanggan local dan mancanegara puas dan tetap menjadi langganan. Toko ini punya website lho klik
ini foto di TKP 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar