Senin, 12 November 2012

UTS kurikulum dan pembelajaran


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
UJIAN TENGAH SEMESTER
Semester             : Ganjil
Mata Kuliah       : Kurikulum dan Pembelajaran
Hari/Tanggal      : Rabu, 31 Oktober 2012
Sifat                    : Take Home Exam
Dosen                 : Dr. Rusman, M.Pd
                             Rosyanto, M.Pd
Petunjuk :
1. Ujian Tengah Semester (UTS) ini dikerjakan di luar kelas  !
2. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan lengkap dan disertai referensi yang relevan dengan pertanyan !
3. Tidak diperbolehkan bekerja sama dengan sesama teman untuk menyelesaikan soal UTS ini !
4. Tidak dikehendaki adanya plagiatisme (peniruan dan pencontohan) dalam bentuk apapapun, jika
ditemukan maka tim dosen tidak akan menilai jawaban UTS yang Anda buat !
5. Hindari Copy dan Paste terhadap sumber bacaan yang ada di buku, blog, wikipedia maupun sumber
lainnya yang Anda peroleh dari internet, yang harus Anda lakukan adalah mengambil inti atau pokok
pikiran di dalam sumber tersebut !
6. Jawaban UTS yang Anda buat dikirim melalui e-mail : kurpem_upi@yahoo.co.id, paling lambat tanggal
6 November 2012  (pukul 24.00 WIB). Keterlambatan mengumpulkan akan menyebabkan pengurangan
nilai.  Jawaban dikirim dengan melampirkan  attachmend (file yang dilampirkkan) disertai Nama
Lengkap, NIM, Kelas, Jurusan.
Soal-soal :
1. Jelaskan sekurang-kurangnya 3 definisi kurikulum dan 4 dimensi kurikulum !
2. Mengapa kurikulum memerlukan landasan dan jelaskan apa saja yang termasuk landasan
pengembangan kurikulum ?
3. Jelaskan komponen-komponen pengembangan kurikulum dan bagaimana keterkaitan diantara
komponen-komponen tersebut !
4. Tawuran antar pelajar marak kembali terjadi di tanah air. Menurut Anda, bagaimana seharusnya fungsi dan peran kurikulum dalam meminimalisir kasus tawuran di Indonesia ?
5. Jelaskan prinsip-prinsip apa saja yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum !
Deskripsikan contoh pengimplementasian prinsip-prinsip tersebut dalam mata pelajaran IPS di
sekolah (SMA) !
6. Proses pengembangan kurikulum dapat menggunakan suatu model yang dianggap relevan.
Deskripsikan salah satu model pengembangan kurikulum yang Anda pahami, jelaskan pula
kelebihan dan kekurangan mocdel tersebut !
7. Salah satu aspek yang perlu dipahami dalam pengembangan kurikulum adalah aspek yang berkaitan dengan organisasi kurikulum. Anda diminta melakukan analisis terhadap mata pelajaran yang  ada di Sekolah Menengah Atas (SMA), termasuk ke dalam organisasi kurikulum manakah mata pelajaran yang
diajarkan di sekolah (SMA).
8. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana
melakukan perubahan kurikulum pada tahun 2013. Diantara aspek yang akan diubah adalah
jumlah mata pelajaran. Menurut Anda apakah rencana tersebut tepat ? Akankah perubahan
kurikulum menjadi solusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia ?
-- Selamat Menempuh Ujian, Semoga Berhasil ! --

dan ini Jawabanku

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar