Sabtu, 15 Juni 2013

Topsecret: let's your creation leads you!

Wow! udah lama ga mosting tulisan baru, yaps udah beberapa bulan ini gue jadi males merapihkan pengalam keseharian gue lewat tulisan dan kali ini gue berhasil melawan kemalasan itu dan jadilah postingan baru ini.
di satnite ini gue baru aja menamatkan film yang judulnya Top/ Topsecret/ Billioner yang direkomendasikan untuk ditonton sama temen kosan + temen kuliah gue namanya Yuliyani, this film told me to never ceasing try and try, dan menyadarkan gue bahwa pandangan tiap-tiap orang itu berbeda-beda terhadap sesuatu dan harus menerimanya. Film ini mengingatkan gue dengan perilaku dan  tata berpikir abang gue yang superduper beda dan menyadari bahwa memang seperti itulah jalan pikiran kaun pengusaha.
Kalian taukan makanan NORI? sejenis cemilan rumput laut namanya Tao Kae Noi, FYI artikata ini adalah pengusaha muda.  bungkusnya kaya gini.



menurut gue ini makanan enak, cuma sayang harganya muahal. hehehe. Nah film ini diinspirasi dari true story pencetus Tao Kae Noi ini, yang menceritakan tentang serpakterjang pemuda yang bernama TOP ITTIPAT yang terobsesi untuk menjadi seorang pengusaha! that's some value i can learn from it's film:
1. Be your self, however so rare you are! 
Top ini anak yang unik diantara teman-temannya, dikala teman-temannya praktek komputer dia malah asik bermain game online dan dari sanalah ia mendapatkan uang banyak dan bisa membeli mobil. Top dalam hidupnya telah melakukan yang terbaik yang bisa ia lakukan, ia lebih suka mencoba hal-hal baru yang dapat mensupport cita-cita hidupnya yaitu pengusaha daripada melakukan kegiatan yang cenderung membatasi kretivitasnya ini bisa dilihat dari keseharian Top yang sekolahnya ga beres! bukan berarti gue bilang pendidikan itu ga penting, Top tetap lulus disekolahnya ya walaupun dipaksa-paksa, dan lihat setelah ia bisa berhasil membuka pabrik Tao Kae Noi nya ia berjanji akan melanjutkan kuliahnya. Pendidikan itu penting karena pendidikan dapat membuka wawasan anda dan memperbaiki pola pikir anda akan hidup ini.
2. Keep focus about your goal.
Top memberikan pelajaran bahwa kita harus fokus pada apa yang menjadi cita-cita kita dari awal, ia tidak goyah dan tidak membiarkan cita-citanya tenggelam oleh situasi yang saat itu sangat tidak mendukung Top, baik itu tuntutan orangtua yang tidak sejalan dengannya,  pengucilan oranglain yang suka membandingkan dengan kakak-kakak Tom yang sudah berhasil dan keinginan-keinginan kekasihnya terhadap Top.
3. Try new experience
Top termasuk anak yang high-curiosity, semua ia lakukan demi menemukan apa yang ia cari mulai dari mencari resep bagaimana kacang goreng itu bisa enak, bagaimana supaya penjualan kacangnya meningkat semua ini dia cari lewat pengalamannya ke food expo,  ke pasar  walaupun kacang gorengnya ini bukan usaha yang membuat dia sukses. dan lihat pengalaman baru yang ia lakukan yang menghantarkan dia pada kesuksesan, semua ia lakukan by himself dan dia sangatlah berani bila kita bandingkan dengan anak teenagers saat ini,ia Tidak takut untuk mencoba pengalaman baru untuk memproduksi rumput laut yang waktu itu di Thai belum ada produksinya.
4. Tetap menghormati orangtua
film ini mengisahkan bahwa Top dalam menyampaikan aspirasinya tetap tenang dalam menanggapi tuntutan orangtuanya dengan argumen yang cerdas dan meyakinkan, ia berintegritas, apa yang ia janjikan itujugalah  yang ia usahakan. tidak menuntut dan tidak mau membebani orangtuanya akan kehidupannya alias mandiri. bahkan disaat kesuksesannya ia tetap mengingat pamannya yang selama ini menemaninya dalam meraih sukses, dan mama+papanya adalah orang pertama yang ia kabari saat usahanya berhasil dan dia berjanji akan mengembalikan mama+papanya kerumahnya di Thai, it's so touching guys, when Top said good news sambil nangis dan mimisan :"
5. Never giveup
Ga pernah nyerah, inilah Top, ia tetap struggle waktu kacang gorengnya ga laku, ia tetap mencoba dan mencoba dan selalu belajar dari kegagalan, ini bisa dilihat waktu ia membeli banyak banget rumput laut dan dia mencoba menggorengnya terus menerus walaupun hasilnya nihil dan nihil dan siapa yang tau, ternyata samplenya yang terakhir yang sudah terkena air hujanlah resep tae kae noi andalannya. imagine, kalo si top nyerah dan ga mau lagi nyoba? apa dia akan sesukses dia yang sekarang? Ingat "saat anda menyerah, anda tidak pernah tau bahwa keberhasilan hanya tinggal selangkah lagi".
coba dengerin dan cermati lagu Jason Mraz yang berjudul "i won't give up" ini, semoga membuat jiwa anda yang putus asa segera bangkit!

6. Jujur dan bertanggungjawab
nilai karakter ini Tom dapatkan dari satpam toko tempat ia berdagang kacang gorengnya, disaat ia meminta pertambahan waktu dalam memperbaiki mol yang ia kotori ia menyuap pak satpam itu dan akhirnya pak satpam berkata kepada ibunya "Tolong ajarkan dia makna kejujuran dan tanggungjawab" hal ini pula yang terus ia jaga sampai waktu tim GMP (good manufacturing practice) melakukan inspeksi ke pabriknya waktu itu pabriknya belum lulus dalam standar dan disaat itu pamannya membisikkan untuk melakukan suap. Namun ia telah melakukan yang terbaik, ia tidak menggunakan suap itu.

Note: sekarang gue menyadari bahwa setiap pribadi diciptakan tidaklah sama, dan gue ga berhak mengurung mereka terhadap batasan-batasan umum yang ada, selama itu berada dalam space yang tepat. intinya, let's your creative lead on you!

2 komentar:

  1. tp mnurut gw ada bagian yg kurang baik.
    gw kurang suka tu zza yg bagian dia mencuri jimat ortunya trus di gadaikan, padahal ayahnya udah mau biayain kuliah dia

    BalasHapus
  2. iya memang, itulah pelajaran yang tidak boleh kita contoh! :)

    BalasHapus